Dalam menjalankan bisnisnya, tentu kita harus menjalankan bisnis secara
beretika dan berintegritas. Terlebih Garuda Indonesia kini telah menjadi
perusaaan publik dan manajemen telah pula mencanangkan kita akan
menjadi maskapai kelas dunia (global player).
Dalam hal ini, salah satu sistem didalam perusahaan yang dibangun untuk
membentuk lingkungan kerja yang selalu mengedepankan etika dan
integritas adalah pengendalian gratifikasi.
Pengendalian gratifikasi merupakan upaya menjadikan kita mandiri dalam
pengambilan keputusan dengan cara tidak menerima pemberian sesuatu dari
individu , mitra bisnis maupun instansi yang memiliki hubungan bisnis
dengan perusahaan. Jika terlanjur menerima hadiah / bingkisan karyawan
diharapkan melaporkannya kepada perusahaan dengan membuat surat
pernyataan (yang dikeluarkan oleh unit Corporate Secretary / JKTDS), dan
bingkisan / hadiah yang diterima akan dikelola perusahaan dan diberikan
kepada pihak yang lebih berhak menerimanya melalui program corporate
social responsibility (CSR).
Sejak program pengendalian gratifikasi diluncurkan perusahaan 1 (satu)
tahun lalu, perusahaan telah menerima 272 laporan gratifikasi dari
karyawan, baik dalam bentuk uang maupun barang. Jumlah uang gratifikasi
yang diterima adalah sebesar Rp. 62.451.000,-. Dari jumlah tersebut,
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Rp. 19.851.000,-
untuk dikelola oleh Perusahaan, sedangkan sisanya masih dianalisa oleh
KPK. Dan dari jumlah uang gratifikasi yang boleh dikelola perusahaan,
Rp.10.000.000,- disalurkan kepada yayasan.
Berkaitan dengan hal tersebut, pada hari Kamis, 13 Agustus 2012,
perusahaan telah menyalurkan uang dan barang gratifikasi kepada Yayasan
YADIN di Kota Tangerang. Yayasan ini mengelola pesantren khusus
anak-anak yatim dan dhuafa. Gratifikasi dalam bentuk uang yang
disalurkan sebesar Rp.10.000.000,- dan dalam bentuk barang sebanyak 17
macam serta 1.000 buku tulis hasil recycle.
Pages
▼
Senin, 20 Agustus 2012
CSR GA dalam “Pasar Murah BUMN Peduli 2012”
Sebagai bagian dari program sinergi antara Kementerian BUMN dengan
beberapa Badan Usaha Milik Negara, pada tanggal 15 Agustus 2012 kemarin,
perusahaan turut berpartisipasi dalam kegiatan Pasar Murah BUMN Peduli
2012.
Kegiatan tersebut berlangsung di dua tempat , yaitu :
1. Kantor Kelurahan Duri Kosambi , jl. Raya Duri Kosambi , Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat, dengan jumlah sembako murah sebanyak 4000 (empat ribu) paket sembako murah
2. Kantor Desa Kiara Payung, Kecamatan Paku Haji, Kabupaten Tangerang, di wilayah, dengan jumlah sembako murah sebanyak 2000 (dua ribu) paket sembako murah
Pada kegiatan ini perusahaan menyalurkan sembako murah sejumlah 6000 paket dengan nilai per paket sebesar Rp. 100.000,- yang akan dijual murah kepada masyarakat dengan harga Rp. 30.000,-/paket. Adapun isi dari per paketnya adalah : beras sebanyak 10 kg, minyak goreng sebanyak 1 liter dan gula pasir sebanyak 1 kg.
Dalam kegiatan ini perusahaan bekerjasama dengan ACT (Aksi Cepat Tanggap) dalam pelaksanaan atau penyaluran ke masyarakat.
Kegiatan tersebut berlangsung di dua tempat , yaitu :
1. Kantor Kelurahan Duri Kosambi , jl. Raya Duri Kosambi , Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat, dengan jumlah sembako murah sebanyak 4000 (empat ribu) paket sembako murah
2. Kantor Desa Kiara Payung, Kecamatan Paku Haji, Kabupaten Tangerang, di wilayah, dengan jumlah sembako murah sebanyak 2000 (dua ribu) paket sembako murah
Pada kegiatan ini perusahaan menyalurkan sembako murah sejumlah 6000 paket dengan nilai per paket sebesar Rp. 100.000,- yang akan dijual murah kepada masyarakat dengan harga Rp. 30.000,-/paket. Adapun isi dari per paketnya adalah : beras sebanyak 10 kg, minyak goreng sebanyak 1 liter dan gula pasir sebanyak 1 kg.
Dalam kegiatan ini perusahaan bekerjasama dengan ACT (Aksi Cepat Tanggap) dalam pelaksanaan atau penyaluran ke masyarakat.
Sabtu, 04 Agustus 2012
Kerjasama GA – KONI DKI Jakarta Dalam Mendukung PON XVIII
Dalam kaitan dengan pelaksanaan Pekan Olah Raga (PON) XVIII Tahun 2012 ,Garuda Indonesia melaksanakan penandatangan kerjasama dengan KONI DKI Jakarta, dimana Garuda Indonesia akan menjadi penerbangan resmi bagi kontingen Propinsi DKI Jakarta dan keluarga intinya untuk mengikuti Pekan Olah Raga (PON) XVIII Tahun 2012 yang akan diselenggarakan di Pekanbaru, Riau.
Melalui kerjasama ini, maka selanjutnya Kontingen Propinsi DKI Jakarta akan menggunakan penerbangan Garuda Indonesia dengan mendapatkan harga khusus dan fasilitas-fasilitas khusus, seperti check-in group, check-in counter khusus, dan penanganan bagasi group.
Selain menjalankan misi sebagai suatu entitas bisnis , Garuda memiliki peran strategis dalam mendukung program pemerintah baik dalam aspek perekonomian, budaya, kepariwisataan dan olah raga.
Disamping itu, sejalan dengan program corporate social responsibility yang kita laksanakan, perusahaan juga berperan aktif dalam mendukung kegiatan-kegiatan di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan olah raga.
Dukungan yang diberikan oleh Garuda Indonesia antara lain melalui perannya sebagai official carrier dalam berbagai kegiatan keolahragaan maupun dalam mendukung event-event kebudayaan baik di tingkat nasional maupun internasional.
Disamping itu, sebagai Badan Usaha Milik Negara, selama ini Garuda Indonesia telah menjadi bapak angkat olah raga tennis.
Sebagai bapak angkat , Garuda Indonesia melakukan pembinaan dan pengembangan secara berkelanjutan termasuk melaksanakan turnamen tennis tahunan Garuda Indonesia Master Series yang merupakan ajang pembinaan dan pengembangan bakat-bakat baru di cabang olah raga tennis.
Melalui kerjasama ini, maka selanjutnya Kontingen Propinsi DKI Jakarta akan menggunakan penerbangan Garuda Indonesia dengan mendapatkan harga khusus dan fasilitas-fasilitas khusus, seperti check-in group, check-in counter khusus, dan penanganan bagasi group.
Selain menjalankan misi sebagai suatu entitas bisnis , Garuda memiliki peran strategis dalam mendukung program pemerintah baik dalam aspek perekonomian, budaya, kepariwisataan dan olah raga.
Disamping itu, sejalan dengan program corporate social responsibility yang kita laksanakan, perusahaan juga berperan aktif dalam mendukung kegiatan-kegiatan di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan olah raga.
Dukungan yang diberikan oleh Garuda Indonesia antara lain melalui perannya sebagai official carrier dalam berbagai kegiatan keolahragaan maupun dalam mendukung event-event kebudayaan baik di tingkat nasional maupun internasional.
Disamping itu, sebagai Badan Usaha Milik Negara, selama ini Garuda Indonesia telah menjadi bapak angkat olah raga tennis.
Sebagai bapak angkat , Garuda Indonesia melakukan pembinaan dan pengembangan secara berkelanjutan termasuk melaksanakan turnamen tennis tahunan Garuda Indonesia Master Series yang merupakan ajang pembinaan dan pengembangan bakat-bakat baru di cabang olah raga tennis.
Lakukanlah Dengan Kebaikan Hati
.jpg)
kekuatan otot dan ketajaman pikiran. Anda perlu bertindak dengan kelembutan hati. Sukses tidak selalu
dibangun di atas upaya sendiri. Di balik semua pencapaian, terselip pengorbanan orang lain. Hanya bila
Anda melakukannya dengan kebaikan hati, siapa pun rela berkorban untuk keberhasilan Anda.
Seorang bijak berujar: “Bila busur Anda patah dan anak panah penghabisan telah dilontarkan, tetaplah
membidik. Bidiklah dengan seluruh hatimu.” Semua tindakan Anda bagaikan bumerang yang akan
kembali pada Anda. Bila Anda melempar dengan baik, ia akan kembali dalam tangkapan Anda. Namun,
bila Anda ceroboh melemparkannya, ia akan datang untuk melukai Anda. Renungkan bagaimana
tindakan Anda sekarang ini. Lakukan segala semuanya dengan tulus dan penuh kasih. Tiada yang lebih
manis daripada memetik buah atas kebaikan yang Anda lakukan.
( Ir. Andi Muzaki, SH, MT )
PENGHARGAAN "WORLD'S BEST REGIONAL AIRLINE" DAN "BEST REGIONAL AIRLINE IN ASIA" YANG BERHASIL KITA RAIH DAN MAKNANYA BAGI KITA SEMUA

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pada pameran kedirgantaraan "Fanborough
Airshow" di London yang baru lalu, perusahaan kita, Garuda Indonesia berhasil meraih
penghargaan "World's Best Regional Airline" dan "Best Regional Airline in Asia" dari
"Skytrax" - lembaga pemeringkat penerbangan independen yang berkedudukan di London.
Penghargaan tersebut diberikan kepada Garuda berdasarkan hasil "customer satisfaction
survey" yang dilakukan oleh Skytrax dari bulan Juli 2011 hingga bulan Juni 2012 - terhadap
lebih dari 200 perusahaan penerbangan internasional dan perusahaan penerbangan berskala
domestik.
Audit yang dilaksanakan melibatkan lebih dari 18 juta pengguna jasa penerbangan dari 100
kewarganegaraan yang berbeda.
CEO Skytrax, Mr Edward Plaisted pada acara penyerahan penghargaan tersebut mengatakan
bahwa "Garuda" adalah "new comer" yang berhasil menjadi "World's Best Regional Airline"
mengalahkan perusahaan-perusahaan penerbangan dari Eropa, Amerika, Amerika Latin, dan
Afrika.
Keberhasilan kita meraih penghargaan dari Skytrax tersebut jelaslah merupakan suatu
"milestone" dan memberikan makna yang besar bagi kita semua. Setelah enam tahun kita
melaksanakan "transformasi", kita berhasil meraih penghargaan yang "prestigious".